Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

(0324) 6-1234-33

Email

lpm@iainmadura.ac.id

Ditjend Pendidikan Islam Kemenag RI Melakukan Monitoring dan Evaluasi Akreditasi di IAIN Madura

  • Diposting Oleh Admin Web LPM
  • Jumat, 5 April 2024
  • Bagikan ke

Madura, 5 April 2024 - Hari ini, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melakukan monitoring dan evaluasi terhadap akreditasi institusi dan penjaminan mutu di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dalam kunjungannya, utusan Diktis Kemenag yang datang ke Kantor Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Madura adalah Riska Puspitasari Subkoordinator Kerjasama Kemenag Pusat.

Kedatangan Riska Puspitasari ke LPM IAIN Madura sejalan dengan Surat Dikti Nomor 199/DJ.I/Dt.I.III/04/2024 yang diterbitkan pada tanggal 28 Maret 2024. LPM IAIN Madura menyambut utusan Dikti dengan gembira, sambil memaparkan program unggulan Rektor IAIN Madura dalam rangka menyambut perubahan status IAIN Madura menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Madura.

Salah satu program unggulan yang disampaikan adalah program digitalisasi, yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan kampus. Program ini diharapkan dapat memperluas akses terhadap sumber daya pendidikan, meningkatkan efisiensi administrasi, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif.

Selain itu, IAIN Madura juga fokus pada penguatan akreditasi internasional dan nasional. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menempatkan IAIN Madura sebagai lembaga pendidikan tinggi yang diakui secara nasional maupun internasional.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, IAIN Madura mengembangkan program "Wisdom Madura: Tanean Lanjheng". Program ini bertujuan untuk mempromosikan potensi dan kekayaan budaya lokal Madura kepada masyarakat luas, serta meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap warisan budaya Madura.

Dalam kunjungan tersebut, Riska Puspitasari dari Dikti Kemenag memberikan apresiasi atas langkah-langkah yang telah diambil oleh IAIN Madura. Dia menyatakan bahwa Kemenag sangat mendukung upaya pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di institusi-institusi agama di Indonesia.

Monitoring dan evaluasi akreditasi yang dilakukan oleh Ditjend Pendidikan Islam Kemenag RI di IAIN Madura merupakan langkah penting dalam memastikan standar kualitas pendidikan yang tinggi dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Diharapkan, dengan adanya upaya tersebut, IAIN Madura dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia. (Nuha)