Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

(0324) 6-1234-33

Email

lpm@iainmadura.ac.id

Komitmen Mutu PT, Perlu Manajemen Mahasiswa

  • Diposting Oleh Admin Web LPM
  • Jumat, 1 Desember 2023
  • Bagikan ke

Oleh: Dr. Nurul Hadi, M.Pd.*

Memfokuskan mutu pada mahasiswa. Ini salah satu dari beberapa aspek membangun budaya mutu. Tetapi, focus pada mahasiswa perlu menjadi perhatian penting. Karena menjaga kepuasan mahasiswa tidak bisa sekadar slogan semata. Lebih dari itu, manajemen mahasiswa harus diiringi dengan tindakan nyata. Salah satu Langkah nyata adalah dengan melibatkan mahasiswa sebagai mitra strategis dalam pengambilan kebijakan akademik.

Terlalu lama mahasiswa diperlakukan sebagai objek di mana kebutuhan dan aspirasi mereka tidak menjadi prioritas. Padahal peran mahasiswa sangat vital dalam menjamin keberlangsungan suatu perguruan tinggi. Oleh karena itu, perlu ada perubahan paradigma dengan menjadikan mahasiswa bukan lagi sebagai objek, melainkan sebagai subjek.

Dengan menjadikan mahasiswa sebagai subjek, maka kepuasan mereka dapat dicapai dengan lebih tepat sasaran. Perguruan tinggi perlu mengetahui secara langsung apa yang diinginkan dan diharapkan mahasiswa melalui survei yang terstruktur, fokus group discussion (FGD), ataupun bentuk lainnya. Umpan balik dari mahasiswa menjadi bahan evaluasi berkala bagi perguruan tinggi untuk terus meningkatkan layanan dan kualitas. Melibatkan mahasiswa dalam pengambilan keputusan penting juga dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap perguruan tinggi.

Dengan aktivitas kemahasiswaan yang beragam, mahasiswa diberdayakan untuk mewujudkan potensi dan aspirasi mereka. Organisasi kemahasiswaan yang independen dan kreatif menjadi sarana untuk menyalurkan ide dan inovasi dari mahasiswa. Program pengembangan soft skill dan minat bakat mahasiswa perlu ditingkatkan kualitasnya agar memenuhi harapan dan memudahkan masuk ke dunia kerja.

Jika mahasiswa benar-benar dijadikan mitra strategis, maka loyalitas dan dukungan mereka terhadap perguruan tinggi akan meningkat. Lulusan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi akan menjadi modal utama untuk menjadikan perguruan tinggi semakin unggul di masa depan.

* Kepala Pusat Pengembangan Mutu Akademik LPM IAIN Madura