Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

(0324) 6-1234-33

Email

lpm@iainmadura.ac.id

Kunjungan LPM IAIN Madura ke LP3MP Universitas Trunojoyo Bangkalan: Membangun Kolaborasi dalam Akreditasi Internasional

  • Diposting Oleh Admin Web LPM
  • Kamis, 4 April 2024
  • Bagikan ke

Bangkalan, 4 April 2024 - Rombongan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura melakukan kunjungan ke Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP3MP) Universitas Trunojoyo Bangkalan. Kunjungan ini dipimpin oleh Dr. Sri Handayani, M.M., selaku Sekretaris LPM IAIN Madura, dan didampingi oleh Dr. Nurul Hadi, M.Pd., selaku Kepala Pusat Pengembangan Mutu Akademik (PMA), serta Fatati Nuryana, M.Si., selaku Kepala Pusat Pengawasan Audit Pemantauan dan Pengendalian Akademik (PAPPA). Mereka diterima langsung oleh Dr. Kurniyati Indahsari, M.Si., selaku Ketua LP3MP, Dr. Devi Rahayu, S.H., M.Hum., selaku Sekretaris, dan Dr. Dra. Siti Hanifa, M.Pd., selaku Kepala Pusat Pembelajaran.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk membangun kolaborasi antara kedua lembaga dalam bidang pelaksanaan akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Universitas Trunojoyo Bangkalan (UTM) dijadwalkan akan menjalani visitasi akreditasi FIBAA pada bulan Juni tahun 2024 ini.

diskusi.jpg

Dr. Sri Handayani, M.M., menyampaikan pentingnya kolaborasi antara LPM IAIN Madura dan LP3MP UTM dalam menghadapi visitasi akreditasi internasional. "Kolaborasi ini akan memperkuat upaya kita dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman, kita dapat saling mendukung dan mencapai standar akreditasi internasional yang diakui secara luas," ujarnya.

Selama kunjungan, kedua belah pihak berdiskusi tentang proses akreditasi internasional FIBAA, termasuk persiapan dan implementasinya. Dr. Kurniyati Indahsari, M.Si., mengapresiasi inisiatif dan komitmen LPM IAIN Madura dalam mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional. Ia menyatakan, "Kunjungan ini merupakan langkah awal yang baik dalam membangun kerja sama yang saling menguntungkan. Kami siap berbagi pengalaman dan memberikan dukungan kepada IAIN Madura dalam proses akreditasi FIBAA."

Kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi kedua institusi untuk bertukar informasi dan best practice dalam pengembangan mutu pendidikan. Dr. Devi Rahayu, S.H., M.Hum., menambahkan, "Kedua lembaga memiliki pengalaman yang berharga dalam pengembangan mutu pendidikan. Dengan saling berbagi, kita dapat memperkaya pemahaman kita tentang praktik terbaik dalam akreditasi internasional dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia."

depan kantor lp3mp.jpg

Kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan kolaborasi ini melalui pertukaran kunjungan, workshop, dan kegiatan bersama lainnya. Mereka berharap bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pengembangan pendidikan tinggi di daerah Madura dan Bangkalan secara keseluruhan.

Dengan semangat yang sama, LPM IAIN Madura dan LP3MP UTM berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan mendorong institusi pendidikan lainnya di Indonesia untuk meraih akreditasi internasional yang mengakui standar kualitas yang tinggi. (Nuha)