Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

(0324) 6-1234-33

Email

lpm@iainmadura.ac.id

IAIN Madura Siapkan Kurikulum OBE untuk Akreditasi Internasional FIBAA

  • Diposting Oleh Admin Web LPM
  • Kamis, 16 Mei 2024
  • Bagikan ke

Dalam rangka persiapan akreditasi Internasional FIBAA dan persiapan alih Status IAIN Madura menjadi UIN Madura, seluruh Program Studi di IAIN Madura telah melakukan review terhadap kurikulum mereka. Kegiatan ini dilakukan sebagai respons terhadap Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, yang mengharuskan kurikulum Perguruan Tinggi berbasis OBE (Outcome Based Education). Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 15 hingga 16 Mei 2024, dan dilaksanakan di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Dr. Hj. Meinarni Susilowati, M.Ed, seorang pakar kurikulum dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dr. Hj. Meinarni Susilowati memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai prinsip-prinsip OBE kepada seluruh peserta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun draft kurikulum masing-masing Program Studi yang telah diselaraskan dengan prinsip-prinsip OBE. Prinsip OBE ini menekankan pada pencapaian hasil belajar yang dapat diukur dan diobservasi secara konkret, sehingga diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tuntutan dunia kerja.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta aktif terlibat dalam diskusi dan sesi tanya jawab dengan narasumber, sehingga memungkinkan mereka untuk memahami konsep OBE dengan lebih baik. Dengan melibatkan seluruh Program Studi, kegiatan ini juga memastikan adanya keselarasan antara kurikulum yang ada dengan prinsip-prinsip OBE yang diharapkan.

Setelah kegiatan ini selesai, draft kurikulum yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip OBE akan menjadi landasan bagi IAIN Madura dalam mengajukan akreditasi Internasional FIBAA. Selain itu, persiapan alih status IAIN Madura menjadi UIN Madura juga akan didukung oleh kurikulum yang telah diperbarui ini.

Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, IAIN Madura akan mampu meningkatkan mutu pendidikan tingginya, memenuhi standar akreditasi Internasional FIBAA, dan memperkuat posisinya sebagai perguruan tinggi yang berkualitas di tingkat nasional maupun internasional. (Nuha)