• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : -

Lembaga Penjaminan Mutu

Institut Agama Islam Negeri Madura

WORKSHOP PENGEMBANGAN POTENSI DOSEN 2019







Pamekasan 12 Agustus 2019, Lembaga Penaminan Mutu (LPM) IAIN Madura menyelenggarakan kegiatan pembinaan komptensi professional  dosen yang dikemas dengan kegiatan in house training : Workshop Pengembangan Potensi Dosen selama dua hari 12-13 Agustus 2019 dengan tema “Upaya Peningkatan dan Pengembangan Standar Mutu Pengelolaan SDM dan Standar Perencanaan Pembelajaran sebagai Penguatan Indikator Kinerja Utama sesuai dengan SN Dikti dan Indikator Kinerja Tambahan yang dikembangkan Perguruan Tinggi”.


Adapun peserta kegiatan ini adalah CPNS Dosen baru di lingkungan IAIN Madura yang berjumlah 56 Calon Dosen yang dinyatakan lulus pada seleksi CPNS 2018 kemarin. Materi yang diberikan selama dua hari terdiri atas  : 1. Menyusun dan mengembangkan buku ajar, 2. Menyusun perangkat pembelajaran berbasis KKNI 3. Menyusun dan Mengembangkan instrumen pembelajaran daring/online.


Pemateri Utama dalam kegiatan ini adalah Dr. Abdul Muqit, M, Pd. Beliau adalah Direktur Polinema (Politeknik Negeri Malang) Press sekaligus merupakan satu-satunya reviewer  Internasional Elsevier yang berafiliasi dengan Scopus Di Indonesia yang fokus pada materi Penulisan dan Penerbitan Buku Ajar Ber-ISBN dan Dr. Sunarti, M.AP Ketua Jurusan Ilmu Administrasi UNIBRAW Malang dengan materi Manajemen Pemasaran Buku. Pemateri Lainnya adalah Dr. Saiful Hadi (Ketua LPM), Mulyadi, SS, M.Pd (Sekretaris LPM), Abd. Ghafur, M.Pd (Ketua Pusat Pengembangan Standar Mutu LPM), Dr. H. Moh. Ghufron Ferdiant, M.Pd (Ketua Pusat Audit Mutu Internal LPM) dan Kamaruddin, MM (Kasubbag TU LPM).


Dalam Sambutannya Saiful Hadi sebagai ketua LPM menyampaikan bahwa target kegiatan ini adalah bagaimana Calon dosen CPNS yang notabene mereka adalah Dosen-dosen muda mampu meningkatkan kompetensi profesional mereka sebagai dosen, dengan indikator mereka mampu menyusun buku ajar yang ber-ISBN, mampu menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum pendidikan tinggi nasional yang berdasarkan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), mampu merancang pembelajaran yang berbasis daring/online sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, serta mampu melaksanakan dan  melaporkan kinerja mereka yang berhubungan dengan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan baik. 


Bapak Kosim, Rektor IAIN Madura menyampaikan harapannya dengan diadakannya kegiatan ini, semoga tenaga muda Dosen CPNS IAIN Madura mampu berkontribusi dalam mengembangkan standar mutu akademik IAIN Madura, dan khususnya output dari kegiatan ini para dosen muda CPNS baru IAIN Madura bisa menerbitkan Buku Ajar yang Ber-ISBN secara serentak di semester yang akan datang yang akan didampingi oleh para Dekan dan Tim LPM IAIN Madura. “Mari kita manfaatkan kegiatan ini secara maksimal, karena pemateri kita Dr. Abd. Muqit, M.Pd dan Dr. Sunarti, M.AP merupakan pemateri handal di bidang kepenulisan, penerbitan dan pemasaran Buku Ajar, dan satu-satunya reviewer Jurnal Internasional yang berafiliasi dengan Scopus. Tenaga Muda Dosen CPNS ini saya yakini bisa memberikan kontribusi yang maksimal sebagai dosen yang professional yang mampu meningkatkan standar mutu akademik IAIN Madura”.    



 

Hasil polling sementara

Bagaimana Proses Pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) Tahun 2016?

Sangat Baik
64.6 %
Baik
16.7 %
Cukup
6.2 %
Kurang
12.5 %
Pilih polling sekarang